Sabtu, Oktober 15, 2011

Makna Tembang Jawa "Sluku - Sluku Bathok"

Sebelumnya saya pernah sempat mengulas artikel tentang Arti di Balik Lagu Lir-Ilir. Sekarang saya akan mengulas salah satu lagu Dolanan Jawa, yaitu Sluku-SLuku Bathok, yang ternyata mempunyai makna khusus dalam melakukan dakwah tentang Islam.


Sluku-sluku bathok. Bathoke ela-elo. 
Si Rama menyang Solo. 
Oleh-olehe payung mutho. 
Mak jenthit lolo lo bah. 
Yen mati ora obah Yen obah medeni bocah,Yen urip golekko dhuwit


Arti dari lirik lagu diatas..


Sluku-sluku bathok,
Hidup – tidak boleh dihabiskan hanya untuk bekerja. Waktunya istirahat ya istirahat, untuk menjaga jiwa dan raga agar selalu dalam kondisi seimbang.Bathok (kepala) kita perlu beristirahat untuk memaksimalkan kemampuannya. Kalo diforsir terus menerus bisa aus, stress, hang, macet daya pikirnya.



Bathoke ela-elo ,

dengan cara berdzikir (ela-elo=Laa Ilaaha Ilallah), mengingat Allah akan mengendurkan syaraf neuron di otak“ Ingatlah, hanya mengingat Allah hati menjadi tentram”(ar-Ra’ad/13:28) 

Sebab itu ingatlah Aku, niscaya Aku ingat (pula) kepada kamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (al-Baqarah/2:152).Lalu..

Si Rama menyang Solo,
siram (mandilah, bersuci) menyang(menuju) Solo (Sholat). Lalu bersuci dan dirikanlah sholat. Saya ingat ada kutipan berbunyi: Jadikanlah sholat itu istirahatmu. Lalu apa Manfaat Sholat ?Manfaat shalat apabila kita kaji lebih dalam, sangat luar biasa dancanggih dibandingkan dengan yoga. Sayang sekali jarang sebagian manusia mencari apa keistimewaan sholat, apalagi yangmempelajari manajemen yang terkandung dalam bacaan shalat. Coba kita pikirkan, kenapa manajemen yang terkandung dalam shalat sangatlah canggih?Doa Iftitah, yang kita ucapkan lima kali sehari, sebetulnya sama dengan dengan mission statement kalau kita belajar manajemen strategi. Misi hidup yang manalagi yang lebih canggih dibandingkan denganhanya mendapatkan keridhaan Allah, tidak musyrik dan menjalankan perbuatan islami?Al Fatihah, yang diucapkan minimal 17 kali sehari, merupa-kan objective statement. Tujuan hidup yang mana lagi yang lebih canggih dibandingkan dengan hidup di jalan yang lurus, yaitu jalan kebaikan seperti yang diperoleh para nabi dan rasul? Ini baru sebagian kecil dari manfaat sholat, Masih teramat banyak untuk disebutkan.


Oleh-olehe payung mutho,
yang sholat akan mendapatkan perlindungan (payung) dari Allah, Tuhan kita. Kalo Allah sudah melindungi, tak ada satupun di dunia ini yang kuasa menyakiti kita, tak satupun.Karena kekuasaan Allah mutlak,(al- Baqarah/2:255) / ayat kursi . Di dalam Ayat lain disebutkan,



“ Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kamu akan nikmat Allah (yang diberikan-Nya) kepadamu, di waktu suatu kaum bermaksud hendak menggerakkan tangannya kepadamu (untuk berbuat jahat), maka Allah menahan tangan mereka dari kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, dan hanya kepada Allah sajalah orang-orang mukmin itu harus bertawakkal” (al-maa’idah/5:11). 


Dan masih banyak keterangan yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Mak jenthit lolo lo bah,
kematian itu datangnya tiba-tiba,tak ada yang tahu. Tak bisa dimajukan atau dimundurkan walau sesaat,“ Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenarnya. Demikianlah yang kamu tidak dapat melarikan diri daripadanya”(Qaaf/50:19). Sehingga saat kita hidup, kita harus senantiasa bersiap dan waspada. Selalu mengumpulkan amal kebaikan sebagai bekal untuk dibawa mati.


Yen obah medeni bocah.
Saat kematian datang, semua sudah terlambat. Kesempatan beramal hilang. Banyak ingin minta dihidupkan tapi Allah tidak mengijinkan. Jika mayat hidup lagi maka bentuknya menakutkan dan mudharat-nya akan lebih besar. Bahkan dengan istilah Reinkarnasi pun tidak akan mungkin terjadi.

“ Hingga apabila kematian datang kepada salah satu diantara meraka (orang kafir), dia berkata,” Ya Tuhanku kembalikanlah aku”(al-Mu’minun/23:99). Permohonan dilanjutkan,“ supaya aku dapat beramal saleh terhadap sesuatu yang kutinggalkan sebelumnya” (al-Mu’minun/23:100)
Tetapi Allah memberikan jawaban tegas,

“ sekali-kali tidak, sesungguhnya ituadalah perkataan yang diucapkansaja “ (al-Mu’minun/23:*).

Yen urip golekko dhuwit.
Kesempatan terbaik untuk berkarya dan beramal adalah saat ini. Saat masih hidup. Pengin kaya, pengin membantu orang lain, pengin membahagiakan orangtua: sekaranglah saatnya. Ketika uang dan harta benda masih bisa menyumbang bagi tegaknya agama Allah. Sebelum terlambat, sebelum segala pintu kesempatan tertutup. Salah satu Hadits menyebutkan,“ Bekerjalah kamu untuk duniamu seakan-akan kamu akan hidup selamanya, dan beribadahlah kamu seakan-akan angkau akan mati besok”.



” Katakanlah, sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah Tuhan semesta alam”(al-An’am/6:162).

Sumber : http://johnarief.wap.sh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar