Jumat, Agustus 13, 2010

Prosedur Kerja Praktek - Teknik Informatika - Universitas Islam Indonesia

Berbagi pengalaman mengenai kerja praktek saja. Mumpung lagi liburan puasa, sebaiknya melakukan aktivitas apapun yang bersifat positif. Ini pengalaman gw sewaktu semester 6, dipanduan akademik informatika, terdapat syarat KP (Kerja Praktek) untuk memperoleh gelar sarjana S.Kom. Hehehe.. semangat-semangat kejar target. :D Ok fren langsung aja.

Apa itu Kerja Praktek ?
Adalah salah satu matakuliah yang menjadi syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Pada intinya konsep kerja praktek memiliki arti yang berbeda-beda antara universitas yang satu dengan universitas yang lain.
Sewaktu saya kerja praktek di rumah sakit Ngudi Waluyo Wling, ada seorang staf, heheh lupa ... She is said "Mas kerja praktek ya ?", "Iya bu.",Ibunya bilang lagi "Lho berarti sudah selesai ya ", "belum bu, masih ada KKN dan skripsi." She said again "Ooh.... anak saya itu..kayake juga sama mas ?". Waduh...  Mungkin juga anak ibu tersebut kuliah mengambil D3. Bisa saja karena konsep D3 menurutku lebih pada praktisi ketimbang S1 (Sarjana) yang merupakan gabungan antara teori dan praktisi. Jadi ya ada analisis nya setidaknya.


Model Kerja Praktek - Teknik Informatika UII. ?
Berdasarkan buku panduan akademik teknik informatika, ada 2 model yaitu proyek atau magang. Pada aktivitas proyek, mahasiswa diberikan tugas tertentu dan harus diselesaikan tanpa kewajiban untuk masuk tiap hari kerja di insitusi tersebut (Panduan KPTA Teknik Informatika 2006).Jadi mahasiswa tidak masuk kerja untuk mengerjakan proyek tersebut. Institusi biasanya memberikan jangka waktu tertentu untuk mengerjakan proyek tersebut. Apabila ada kesulitan mengenai aplikasi yang dibuat, seperti dalam perancangan, lebih baik tanyakan pada pembimbing lapangan institusi.

Magang, 
Mahasiswa diberikan kesempatan untuk "bekerja", untuk terlibat dalam keseharian insitusi dengan diberikan tugas tertentu. Waktu minimal kegiatan ini adalah 1 bulan.



Langkah - Langkah Untuk Kerja Praktek.
step-by-step ini berdasarkan pengalaman saya selama kerja praktek di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. 
 Prosedur Kerja Praktek Teknik Informatika - UII (download)
  • Mendaftarkn diri ke gedung Rektorat UII dengan membayar untuk kerja praktek sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah).
  • Slip pembayaran itu, dibawa ke bagian Perkuliahan FTI-UII , bagian KPTA. Kemudian akan diberikan lembar "Permohonan Kerja Praktek". Apabila selesai diisi. berikan kepada bag KPTA untuk diproses lebih lanjut, yang nantinya diberikan surat keterangan dari kampus, untuk mengajukan kerja praktek di instansi yang diinginkan.
Formulir Permohonan Kerja Praktek Teknik Informatika - UII (download)

Contoh Surat Balasan KP dari Instansi (download)
  • Berikan, surat keterangan dan proposal yang berisi maksud dan tujuan permohonan kerja praktek ke instansi yang dimaksud, sehingga akan ada balasan dari pihak instansi apakah Anda diterima atau tidak.
  • Apabila anda diterima, anda akan menerima surat balasan dari pihak instansi untuk diberikan ke bagian KPTA dan bag Jurusan. sebaiknya setiap data surat ini ada memiliki salinan lebih.
  • Di bag. Jurusan anda akan diberikan Form Lembar Konsultasi yang akan digunakan sebagai catatan konsultasi dengan dosen pembimbing kampus kerja praktek selama kerja prakek.
Contoh Lembar Kontrol Kerja Praktek (download)
  • Apabila <= 6 bulan anda sudah melakukan open house (presentasi), segera selesaikan laporan dan kirim ke bagian perpustakaan untuk nantinya mendapatkan nilai kerja praktek.
 Semoga bermanfaat.


Sumber : Panduan Akademik KPTA Teknik Informatika FTI UII

2 komentar:

  1. surat balasan dari perusahaanya kq gx ada?

    BalasHapus
  2. coba ditanyakan di perusahaan yang bersangkutan tempat KP. Biasanya ada yang dikirim langsung ke fakultas, ada juga kita yang harus mengambil surat balasan disana.

    BalasHapus