Sabtu, Januari 07, 2012

Neraka Ada Tujuh Pintu


Khusus buat anda yang percaya dengan adanya Akherat, silahkan diteruskan membaca artikel ini. Tidak ada bermaksud mengolok-olok siapapun, saya hanya mencoba untuk mengingatkan diri sendiri dan kita semua yang mempercayainya bahwa Surga dan Neraka itu memang ada.

“Dan sesungguhnya Neraka Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (para pengikut setan) semuanya. Neraka itu mempunyai tujuh pintu, masing-masing pintu di huni oleh (sekelompok pendosa yang ditentukan)” (Qs al Hijr 15 :44)

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa ketika Malaikat Jibril turun membawa ayat di atas tadi, Rasul memintanya untuk menjelaskan seperti apa kondisi di Neraka. Jibril menjawab: “Wahai Nabi Allah, sesungguhnya di dalam neraka ada tujuh pintu yang masing-masing mempunyai tujuh puluh ribu celah api, jarak antara pintu itu sejauh tujuh puluh tahun, dan setiap pintu lebih panas dari pintu yang lain..”

Nama-nama pintu tersebut adalah:

1. Neraka Jahannam (QS 15:43)
Disediakan untuk para pengikut dan pemuja Setan.
2. Neraka Sa’ir (QS 84:12-13)
Disediakan untuk orang-orang kafir yang tidak percaya akan Akherat, juga untuk orang yang tak pandai bersyukur.
3. Neraka Shaqor (QS 74:42-47)
Disediakan untuk orang yang tidak melaksanakan sholat, tidak mau memberi makan orang miskin, tukang gosip, dll.
4. Neraka Jahim (QS 26:91)
Disediakan untuk mereka yang menyembah berhala, thagut (harta dan tahta), juga untuk orang yang sesat.
5. Neraka Huthomah (QS 104:1-9)
Disediakan untuk para pengumpat & pencela.
6. Neraka Ladho (QS 70:15-18)
Disediakan untuk orang yang tidak beragama, dan yang gemar menyimpan harta (kikir).
7. Neraka Hawiyah (QS 101:1-11)
Disediakan untuk orang yang ringan amal kebaikannya, sebagaimana Jibril menjawab kepada Rasul: “Pintu ini untuk umatmu yang angkuh, dan ketika mati tanpa sempat menyesali dosa-dosa mereka..”
Lalu, seperti apa sih rasanya siksaan di Neraka itu? Rasul bersabda,
“Sesungguhnya air mendidih disiramkan atas kepada mereka (penghuni neraka), lalu air yang mendidih itu menembus hingga sampai diperutnya kemudian memotong apa yang ada di dalam perutnya hingga keluar dari kedua telapak kakinya dalam keadaan cair, kemudian dikembalikan seperti semula..” (HR. Tirmidzi)

Allah Maha Adil, Dia memberikan kebebasan pada setiap umat manusia untuk memilih di antara keimanan dan kekufuran. Akhirnya, apapun pilihan yang kita ambil berpulang pada diri sendiri… Cinta dunia lupakan Akherat, atau Jalani dunia untuk menggapai Akherat..
Terkena puntung rokok atau api lilin saja kita sudah menjerit kesakitan, padahal panas api di dunia ini baru 1/70 panasnya api di Neraka. 

Na’udzubillah… Ngeri bila membayangkan itu semua terjadi. Dengan mudahnya kita berkata takut masuk neraka, tetapi segala kemaksiatan tetap saja dikerjakan secara nyata.
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan..”. (QS At –Tahrim 66:6)
Salam Ukhuwah,

 Artikel : Zuragan Qripik (Kompasianer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar