Minggu, Januari 20, 2008

Klasiber ...



Klasiber.net memang masih berusia 1.5 tahun, tetapi keeks itensiannya tak dapat diragukan lagi baik di dunia maya ataupun nyata. Terbukti dengan adanya surat resmi dari Panitia E-LEARNING AWARD 2007 yang diterima oleh Jurusan Teknik Informatika tanggal 23 Juli 2007. Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa situs online e-learning http://www.klasiber.net masuk dalam nominasi untuk kategori e-learning best school’s. Acara tersebut diprakarsai oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM), Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) dan bekerjasama dengan Majalah SWA.

Seleksi awal dilakukan oleh Pustekkom dan Depdiknas dengan melakukan scaning (penyaringan) terhadap e-learning universitas-universitas di seluruh Indonesia kemudian membaginya kedalam berbagai kategori. Salah satunya kategori e-learning best school’s. Setelah itu dari pihak Pustekkom dan Depdiknas meminta kepada pihak yang berwenang terhadap klasiber untuk melengkapi sejumlah persyaratan administrasi termasuk form pendaftaran yang kemudian dikembalikan sebelum tanggal 30 Juli 2007.

Ketika ditanya mengapa klasiber bisa masuk dalam nominasi tersebut, Yudi Prayudi selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika menjelaskan bahwa klasiber memiliki kelebihan tersendiri antara lain kekuatan dalam contentnya yang benar-benar sebagai pengimplementasian dari e-learning itu sendiri, baik dengan adanya forum-forum pembelajaran maupun bimbingan perkuliahan. Selain itu juga klasiber banyak peminatnya.

”Jika anda searching di google atau mesin pencari website lainnya, dan mengetikkan cyberclass atau e-learning, maka klasiber akan termasuk didalamnya, ini membuktikan bahwa klasiber memang sedang ”hits” dan mendapatkan pengakuan dari publik,” ujarnya. Ditambahkan oleh beliau bahwa sebenarnya pembuatan klasiber ini memang dirancang untuk pembelajaran mahasiswa bukan untuk mengikuti event-event seperti itu.
Meskipun begitu, klasiber juga harus bersaing ketat dengan e-learningnya UGM, Bina Nusantara, Sanata Dharma, dan lain-lain. Apabila keluar sebagai pemenang, maka akan mendapatkan dana bantuan pengembangan. Dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan membuat klasiber lebih menarik lagi, baik dari segi infrasturtur maupun sistemnya. Hasil penjuriannya akan diumumkan pada Bulan Oktober mendatang. Source : LPM- PROFESI (FTI UII)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar