Senin, Oktober 05, 2009

Kisi - Kisi Ujian Reguler BTAQ / PI Universitas Islam Indonesia

Pas lagi buka-buka berkas yang nempel di dinding kos, karena kutaruh di kresek warna item, gw nemuin kisi-kisi BTAQ/PI. Wah udah lama banget, kertas ini gw pake buat persiapan tes BTAQ aja.. meski nilainya dapet cukup, tapi tak apalah alhamdullilah sudah lulus. hehehe .. buat temen-temen sekampus, ini cuman sekedar kisi-kisi yang gw peroleh dari temen gw.. jadi alangkah baiknya kalian belajar lebih banyak dari ini... (INGAT ! ini cuman Kisi-Kisi lho, jadi kalau ntar pengujinya menanyakan Beda dari ini, jangan salahkan gw ...hehehe)


A. Baca, Tulis, Hafal Al-Quran.
  1. Materi ujian meliputi ; bacaan, hafalan, dan tulisan.
  2. Bacaan dinyatakan LULUS jika mampu membaca dengan lancar (tidak terputus-putus), baik makhraj maupun tajwidnya dengan nilai Minimal 20 Max 30.
  3. Hafalan dinyatakan LULUS jika mampu menghafal minimal tiga [3] surat dari 10 surat berikut ; Al-Dhuha, Al-Insyiroh, At Tiin, Al-Ma'un, Al-Qadr, Al-Fiil, Al-Lumazah, Al-Zalzalah, Al-Qariah, At-Takaatsur dengan nilai minimal 5 Max 10.
  4. Tulisan dinyatakan LULUS jika; minimal mampu menulis salah satu dari tulisan berikut; Assalam, Syahadatain, Hamdalah, Istigfar, Istirja', Hauqalah, dengan nilai minimal 5 Max 10.
B. Ibadah Praktis [Shalat, Thaharah, Do'a Harian].
  1. Materi ujian meliputi ; Thaharah, Solat dan Do'a.
  2. Thaharah dinyatakan LULUS jika mampu menjawab pertanyaan seputar najis, wudhu', mandi, dan tayamum [teoritis maupun praktis] dengan nilai minimal 5 max 10.
  3. Shalat dinyatakan LULUS jika; mampu menjawab, pertanyaan yang berkisar masalah syara rukun-rukun shalat, shalat jenazah, shalat jama'ah, jama' qashar, dan shalat sunnah [baik teoritis dan praktis] dengan nilai minimal 20 max 30.
  4. Do'a dinyatakan LULUS jika; mampu menghafalkan minimal 3 do'a keseharian dengan nilai minimal 5 max 10.


Ketentuan dari masing-masing penguji pada umumnya berbeda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar