Kamis, Agustus 06, 2009

Menghapus Virus Sality Berbagai Varian


Jadi inget ama virus menyebalkan ini. Udah 2 kali gw harus install ulang gara-gara kena virus ini. Masalahnya kenapa ?Kalo dah terinfeksi berakhir sudah komputer Anda, meski menggunakan Antivirus secanggih, secepat Norton kalo tak punya databasevirus ini. Ternyata virus ini variannya ada banyak diantaranya w32/Sality.AE , W32.Sality.AE, TROJ_AGENT.XOO [Trend], W32/sality.ae [Mc Afee], SAlity.AG [Panda Software], Win32/SAlity.Z[Computer Associates], Win32/Sality.AA [Computer Assoicates/Avira]. Virus ini termasuk virus polymorphisme,yaitu virus ini mampu merekontruksi dirinya tanpa bantuan dari sang pencipta weleh.... Sehingga Antiviruspun meski sekali scan terdetect maka dia akanmerekontruksi struktur tubuhnya menjadi baru sehingga Antivirus tak mampu mendetectnya lagi. Tapi pada umumnya pembuat virus seperti ini jarang karena kodeyang begitu kompleks.


Ciri-ciri Virus Sality :
  1. Menginfeksi dan merusak file*.exe /*.com /*.scr. secara tak sadar file shortcut anda akan hilang perlahan-lahan.

  2. Virus akan memblok program yang kira2 akan menggangu dirinya seperti task manager, registry

  3. Virus ini sangat mudah menyebar dengan berbagai media seperti USB Flash dan CD/DVD dengan menambah file Autorun.inf

  4. Safe Mode akan dblok.


Solusinya :


  1. Dianjurkan install ulang keseluruhan hardisk anda, untuk mencegah file virus sembunyi didalam data Anda (selain di hardisk system). Jika sempat BackUp data Anda.

  2. Setelah install ulang fresh, jangan copy data Anda ke dalam komputer. Install lah Antivirus yang telah mengandung database Sality, untuk mencegah Sality masuk kembali ke komputer Anda.

  3. Copy kembali data Anda jika diperlukan. dan install aplikasi yang dibutuhkan.

  4. Komputer Anda sekarang aman dari virus sality.


Catatan : install ulang keseluruhan mungkin membuat Anda B-T, tetapi langkah ini efektif saya lakukan yang telah terinfeksi 2 kali dan instal ulang 2 kali juga, dikarenakan tidak semua HD saya format. Virus bisa saja masih tersembunyi didalam data hardisk D, E, atau F Anda, menunggu kesempatan Anda, meng-click file yang terinfeksi.

Saya juga telah melakukan berbagai cara menghilangkan virus ini dengan mematikan system restore, menggunakan Sality Remover dan Tool Remover lainnya. Cara ini kurang efektif bagi virus polymorphisme.

Cara yang saya lakukan diatas alhamdullilah sampai sekarang komputer saya masih terhindar dari virus sality.

Jika Anda yang butuh database sality silahkan kirim inpo ke : rizaladitya20@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar