Senin, Mei 13, 2013

Fakta Kedalaman Laut, Bioluminescence ( Al - Quran )

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun. (QS. An-Nuur : 40)

Batas kegelapan air laut dapat ditemukan di kedalaman laut 200 meter lebih dari permukaan air laut. Cahaya matahari hampir tidak dapat menembus sampai pada kedalaman ini. Dibawahnya lagi pada kedalaman 1000 meter, sama sekali tidak ditemukan cahaya matahari. Manusia tidak dapat menyelam lebih dari 40 meter tanpa bantuan kapal selam atau peralatan khusus.
   

Hari ini kita dapat mengetahui struktur laut, karakteristik kehidupan makhluk didalamnya, kadar garam, jumlah massa air di dalam dan di permukaan . kapal selam dan peralatan khusus dibuat untuk membantu ilmuwan untuk memperoleh informasi ini.


Para ilmuwan mulai meneliti potongan ayat di dalam Al-Quran yang menjelaskan informasi tentang laut. Sebuah pernyataan tentang “Kegelapan di laut dalam” yang disebutkan di Surat An-Nuur  1400 tahun yang lalu. Itu merupakan salah satu mukjizat Al-Quran yang memberikan informasi pada waktu dimana belum ditemukan peralatan canggih yang ada, manusia bisa menyelam pada kedalaman laut.



Di Surat An-Nuur ayat 40, yang artinya :


"Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun."


Ada fakta ilmiah yang menarik untuk di ungkap dari ayat tersebut yaitu :


1. Mengenai gelap gulitanya lautan dalam.

2. Ombak yang diatasnya ombak(pula).
3. Gelap gulita yang tindih-bertindih.
4. Apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya.
5. Barang siapa yang tiada diberi cahaya, tiadalah ia mempunyai cahaya sedikitpun.


Gelap gulitanya laut dalam (deep sea) telah diakui secara ilmiah oleh para ilmuwan. Menurut para ilmuwan, air tidak hanya merubah warna sinar matahari, tapi ia juga secara dramatis merubah intensitasnya (kekuatannya). Di laut terbuka yang jernih, cahaya tampak (spektrum cahaya yang bisa dilihat oleh mata manusia), berkurang 10 kali setiap penambahan kedalaman 75 meter. Artinya, pada kedalaman 75 meter terangnya cahaya hanya tinggal 10% dibanding di permukaan, dan pada kedalaman 150 meter hanya tinggal 1% saja.

Gambar di samping kiri memberikan ilustrasi dasar bagaimana cahaya dengan warna-warna yang berbeda menembus air laut. Air akan menyerap warna-warna hangat seperti merah dan jingga (cahaya dengan panjang gelombang yang panjang) dan menghamburkan warna yang lebih dingin (cahaya dengan panjang gelombang yang pendek). (Sumber: OceanExplorer)

Kondisi cahaya akan mempengaruhi fungsi penglihatan manusia dan ikan-ikanan. Mata manusia, sebagai contoh, berfungsi dengan baik pada saat terang seperti siang hari hingga pada saat hanya terdapat bintang di langit, dengan kisaran kira-kira sebesar 12 orde magnitudo dimana setiap orde menyatakan 10 kali perbedaan. Jadi, secara teori, jika intensitas cahaya di laut berkurang 10 kali setiap penambahan 75 meter, maka mata manusia hanya akan mampu melihat hingga kedalaman 900 meter saja. Sementara itu, mata ikan laut dalam diperkirakan dapat berfungsi hingga kedalaman 1000 meter. Namun demikian, mata ikan memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik dan barangkali 10 hingga 100 kali lebih sensitif daripada mata manusia. Di kedalam lebih dari 1000 meter, ada beberapa binatang yang memiliki fungsi penglihatan yang mampu mendeteksi bioluminescence (emisi cahaya oleh organisme hidup).

Makhluk laut yang mampu membuat cahaya terdapat di mana-mana. Bioluminescence sendiri merupakan hal yang lumrah karena ia memberikan kemampuan untuk mempertahankan diri yang sangat berarti bagi binatang yang bersangkutan. Di darat kita mengenal fenomena ini pada kunang-kunang. Cahaya ini membantu binatang untuk mencari makanan, menarik perhatian pasangannya dan mempertahankan diri dari serangan pemangsanya.

Kesimpulannya
Pengurangan intensitas cahaya 10 kali dengan penambahan kedalaman 75 meter, menjadikan laut dalam adalah tempat yang gelap gulita, selain itu pengurangan intensitas terhadap kedalaman ini menjadikan laut dalam mengalami kegelapan yang berlapis-lapis (tindih-bertindih).

Kedalaman laut rata-rata adalah 3795 meter, artinya mata manusia sudah tidak akan sanggup untuk melihat apapun di laut dalam, karena secara teori manusia hanya akan mampu melihat hingga kedalaman 900 meter saja. Hal ini yang dalam surat An-Nur diumpamakan sebagai tak mampu melihat tangannya sendiri.

Fenomena bioluminescence menunjukkan bahwa para penghuni laut dalam masih mampu untuk melakukan aktivitas sebagai makhluk hidup meskipun ia tinggal di kondisi yang gelap gulita. Hal ini karena mereka diberi kemampuan untuk membuat cahaya secara alamiah. Hal ini yang dalam surat An-Nur digambarkan dengan kalimat: barang siapa yang tiada diberi cahaya, tiadalah ia mempunyai cahaya sedikitpun. Artinya: barang siapa yang diberi cahaya, maka ia akan mempunyai cahaya. Sepertinya ini sebuah gaya bahasa yang sangat puitis dalam menggambarkan sesuatu.




Atolla Jellyfish

Chrystal Jellyfish


Rainbow Jellyfish






Video, Bioluminensce in Deep Sea (QS: An-Nuur - 40)



Sumber : 

1. http://www.answering-christianity.com/darkness_of_oceans.htm
2. http://oceanservice.noaa.gov/facts/light_travel.html
3. http://agusset.blogspot.com/2005/09/fakta-laut-dalam-deskripsi-ilmiah.html
4. http://www.environmentalgraffiti.com/animals/news-creatures-light-ocean-0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar