Rabu, Oktober 06, 2010

Dusun Tangkil, Muntuk, Dlingo nan elok

Tanggal 4 Oktober 2010

Akhirnya datang juga, KKN ini. Kegiatan yang selalu di"nanti-nanti" oleh mahasiswa yang kebanyakan mengambil studi di universitas, salah satunya aku di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Hari ini adalah hari pembukaan KKN UII untuk angkatan 41 2010/2011, yang telah diikuti oleh kurang lebih 833 mahasiswa UII. Dari jumlah itu, sebagian besar mengambil model KKN Ekstensi, dan sisanya Reguler 1 dan Reguler 2, termasuk saya. Dari model-model KKN yang telah disediakan pihak DPPM (Direktorat Pengembangan dan Penelitian Masyarakat) terdapat model Reguler 1, Reguler 2 dan Ekstensi. Dan Ekstensi ini memiliki sejumlah tipe-tipe seperti Ekstensi Tematik Kewirausahan, Ekstensi Tematik Administrasi Ekstensi biasa dan sebagainya.
Secara umum aku mengambil kesimpulan bahwa untuk :

Model Reguler 1.
Masa waktu di lokasi hanya 45 hari dengan jatah 10 hari untuk observasi dan 35 hari untuk pelaksanaan program yang telah disusun pada masa observasi dan sekaligus sosialisasi pada masyarakat. Daerah lokasi biasanya jauh dari kampus, sehingga mahasiswa diwajibkan menginap selama pelaksanaan program, sedang observasi diperbolehkan pulang-pergi lokasi. Bergantung kebijakan dosen pembimbing lapangan. Saat ini aku berada di lokasi Dusun Tangkil, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Model Reguler 2.
Masa waktu lokasi kurang lebih 2 bulan dengan jatah 1 bulan pertama untuk observasi dan 1 bulan kedua untuk pelaksanaan program. Dengan adanya jatah observasi selama 1 bulan, mahasiswa diperkenankan mengambil matakuliah maksimal 3 sks. Lokasi KKN tidak jauh beda dengan lokasi  di reguler 1. Untuk unit 2 / reguler 2 bertempat di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta.

Ekstensi Tematik.
Masa waktu, sekitar 3 bulan, dengan jatah waktu tidak diwajibkan untuk menginap. Umumnya model ekstensi ini mulai jam 08.00 pagi hingga 20.00 malam. Hari senin hingga jum'at mahasiswa bisa bergantian piket dengan waktu tersebut, jadi seluruh unit tidak diwajibkan datang pada hari senin-jumat, tetapi, dilakukan jadwal piket secara bergantian. Pada hari sabtu dan minggu, seluruh mahasiswa diwajibkan datang, untuk pelaksanaan program. Karena lokasi ekstensi ini relatif dekat, sehingga mahasiswa memanfaatkan waktu untuk kuliah selama KKN.

bersambung ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar