Kamis, September 10, 2009

Science Software : Educated, Relax with it !!! try it

Selama saya mencoba berbagai program aplikasi ada beberapa program yang mungkin ini bersifat "Universal" . Yang dimaksud universal disini adalah program ini dapat dipakai siapapun untuk sekedar mencari ilmu pengetahuan. Mungkin ini terdengar untuk kalangan eksak, tapi siapa tahu program ini berguna dalam bidang anda. Apa sajakah itu ? disini saya paparkan :

1. Microsoft Encarta Premium 2009

Adalah program aplikasi berbasis pengetahuan yang mencakup hampir semua aspek. seperti sejarah, ilmu kimia, fisika, matematika, artikel, penemu, video Discovery Channel, animasi, Panorama, hingga peta yang mencakup berbagai belahan dunia hingga kecamatan.... (hehehe.. maaf jika kalau kecamatan Anda belum termasuk). Tampilannya sangat menarik, sehingga Anda tidak akan bosan meng-explore program ini. Oiya .. program ini memiliki 2 versi, yaitu umum dan education (anak-anak) serta tambahan aplikasi yang terhubung oleh Microsoft Office 2007. Disertai template project presentasi sehingga, anda tidak akan bingung untuk membuat sebuah project. Ada fasilitas program kalkulator scientific, yaitu Microsoft Math. Disini Anda bisa membuat rumus matematika secara mudah. Jika perlu, kalkulasikan hasilnya.



www.microsoft.com/learningspace/

2. Microsoft Encarta 2006

Aplikasi ini hampir sama isinya dengan Microsoft Encarta 2009, hanya saja program ini tidak selengkap Encarta 2009. Fitur yang tidak tersedia yaitu Microsoft Math, dan template project.

www.microsoft.com/learningspace/

3. Microsoft Worldwide Telescope.

Adalah produk unggulan dari Microsoft yang bertujuan mengenalkan astronomi kepada pengguna. Program ini saya kurang begitu memahami, karena setahu saya, kita mengharuskan mendownload sebuah aplikasi, kemudian untuk menginstalnya maka Anda harus terhubung ke internet. (info lebih lanjut hubungi pihak Microsoft : http://www.worldwidetelescope.org/ )


4. Google Earth 5.0

Fitur yang sangat mengagumkan bagi aplikasi ini. Anda diharuskan mempunyai koneksi internet yang cepat jika Anda menginstal aplikasi ini. Program yang mendukung pemetaan peta yang cepat dan akurat. Karena selain ada peta wilayah dengan gambar berupa garis-garis. Anda bisa bisa mengakses dengan menggunakan peta satelit dengan picture sesuai dengan gambar aslinya, layaknya di atas bumi. Program ini ada 2 versi, berbayar (Google Earth Pro) dan gratis. Jika anda tidak memiliki program ini, anda masih bisa mengaksesnya melalui http://www.maps.google.com/




5. Stellarium .

Program sejenis Google Sky yang gratis. Anda tidak perlu untuk koneksi internet dalam menginstalnya. Fitur2 yang tersedia seperti pergerakan bintang, planet-planet tatasurya, rasi bintang dan sebagianya. Adanya fitur zooming, memudahkan kita memonitor apakah kita bisa melihat planet (Misal Venus, Mars, dan Jupiter) pada waktu tersebut. (http://www.stellarium.org/)


Semoga bermanfaat, jika Anda memiliki info program lain anda bisa kirimkan via-email di rizaladitya20@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar